Senin, 24 Februari 2014

Dasar Dasar Penggunaan Microsoft Word 2007


Dasar Dasar  Penggunaan Microsoft Word 2007
A.     Operasi dasar microsoft word 2007

1.      Membuat dokumen baru ada 3:

·         Office button → Klik  New → Blank dokument → Klik Create
·         Quick acces tolbar → Klik tombol / icon New
·         Melalui keyboard → Ctrl + N

2.      Menyimpan dokumen baru
·         Klik office button → Save
·         Quick access toolbar → Klik tombol/icon Save
·         Keyboard → Ctrl + S

3.      Prosedur menutup dokumen
·         Office button
Klick office button → close
·         Keyboard
Alt + F4

4.      Membuka file dukument
·         Office button
Office button → Open
·         Quick acces toolbar
Klik tombol / icon  open
·         Keyboard
Ctrl + O

B.     Pengaturan Pembuatan Dokuman

1.      Pengaturan halaman
Melalui tab page layout pada group page setup:
a.       Menentukan ukuran kertas
Untuk menentukan ukuran kertas, klik icon Size, sehingga muncul beberapa pilihan ukuran kertas. Klik salah satu. Jika ingin ukuran lain, maka klik pilihan More Paper Sizes sehingga muncul dialog box Page Setup dengan tab Paper.
b.      Menentukan orientasi halaman
Orientasi halaman adalah posisi kertas terhadap teks.orientasi ada 2 macam :
1.      Tegak (potrait)
2.      Membujur (lanscape)
Pengaturan orientasi dengan cara klik klik ikon Orientation pada group page setup.

c.       Menentukan margin
Margin merupakan jarak area pengetikan (area teks) yang diukur dari tepi kertas. Pengatmaka klik ukuran margin dengan cara klik ikon margin sehingga muncul tampilan pilihan margin yang telah terdapat contohnya. Jika ingin yang lain, maka klik costum margin.
1.      Top      → margin atas
2.      Left      → margin kiri
3.      Button  → margin bawah
4.      Right    → margin kanan
5.      Guiter  → jarak pemisah tulisan

2.      Pengetikan naskah
        Pengetikan naskah merupakan proses memasukan huruf atau karakter dalam dokumen.
No
Tombol
kegunaan
1.


2.


3.

4.

5.

6.
7.
8.
9.
10.


11.
12.
13.
14.
15.
16.
Capslock


Shif


Enter

Delete

Back space

End
Home
Page up
Page down
Numlock


Ctrl + ←
Ctrl + →
Ctrl + ↑
Ctrl + ↓
untuk membuat huruf kapital pada saat lampu indikator Capslockmen untuk membuat huruf  nyala (on).
Untuk membuat huruf  kapital sementara pada saat lampu indikator Capslock (Off) dan untuk membuat huruf kecil sementara pada saat lampu indikator (On)
Untuk membuat jarak antar barisatau membuat awal paragraf / alenia baru.
Untuk menghapus karakter/ tulisan yang ada. disebelah kanan kursor.
Untuk menghapus karakter/tulisan yang ada di sebelah kiri kursor
Untuk mengggerakan kursor keakhir baris.
Untuk menggerakkan kursor keawal baris.
Untuk menggulung layar ke atas.
Untuk menggulung layar ke bawah
Untuk mengaktifkan kode pada angka – angka yang adadi sisi sebelah kanan keyboard jika lampu indikator numlock (On).
Berpindah ke awal kata.
Berpindah ke akhir kata.
Berpindah ke awal paragraf.
Berpindah ke akhir paragraf.
Berpindah satu baris k eatas.
Berpindah satu baris ke bawah.




3.      Penyeleksian / pengeblokan teks
No
Objek pengeblokan
Tindakan
1.

2.
3.

4.

5.
Sebuah kata

Sebuah baris
Sebuah kalimat

Sebuah paragraf

Sebuah dokumen
Dobel klik tombol kiri pada kata yang akan di blok.
Klik mouse disebelah kiri baris yang akan diblok.
Klik sembarang tempat dalam kalimat tersebut sambil menahan ctrl.
Klik tiga kali disembarang tempat pada paragraf tersebut.
Tekan ctrl dan an huruf A (Ctrl + A)


4.      Pengaturan font
a.       Menentukan jenis font
·         Blok huruf /teks  → klik jenis font
b.      Menentukan ukuran font
·         Blok huruf / teks → klik pilihan ukuran font
c.       Pemberian Efek  pada font
1.      Bold                 : Tebal            
2.      Italic                : Miring          
3.      Underline         : Garis Bawah 
4.      Strikethrough   : Garis membujur di tengah teks         
5.      Subscript          : H2O
6.      Superscript       : X2 + Y2         
d.      Pengaturan Huruf  Besar  (Kapital) dan huruf kecil pada teks
Caranya: blok teks → klik icon channge cose pada tab home, group font → pilih salah satu perintah.

5.      Perataan paragraf
1.      Rata kiri( align left)
2.      Rata tengah (alighn right )

3.      Rata kanan (alighn right)
4.      Rata kanan kiri (Justify)

6.      Pengaturan spasi
Cara pengaturan spasi :
Klikikon spacingyang terletak pada home, group paragraph → klik salah satu pilihan.
7.      Pengaturan indentasi
Indentasi paragraf merupakan teks yang menjorok dihitung dari margin.pengaturan indentasi dapat dilakukan dengan menggeser tombol indentasi pada tampilan ruler (mistar),seperti gambar berikut :
Firs line indentRight indent                         
Hanging indent
Keterangan :
a.       Firs line indent digunakanuntuk mengatur jarak huruf pertama pada baris awal paragraf.
b.      Hanging indent digunakan untuk mengatur jarak pada huruf baris kedua dan seterusnya.
c.       Left indent digunakan untuk mengatur pertaan paragraf sebelah kiri.
d.      Righ indent digunakan untuk mengatur posisi perataan paragraf sebelah kanan.

8.      Pengaturan Bullets dan Numbering
a.       Pengaturan Bullets
Blok urutan baris → klik panah kecil di samping kanan Bullets→ pilih bulets yang diinginkan.
b.      Pengaturan penomoran
Blok urutan baris → klik panah kecil di samping icon Numbering → pilih salah satu pilihan.

9.      Pengaturan Header dan Footer
Header adalah ruang yang dibuat dan diletakkan di atas area kerja    (text area),     sedangkan Footer terletak di bawah area kerja. Cara membuat dan mengatur header :
a.       Klik Header → pilih salah satu → tulis tampilan yang kita inginkan → atur dengan memberi efek Italic seta rata kanan.
b.      Untuk mengakhiri klik icon close pada tab Header & Footer

10.  Penyisipan dan Pengaturan Nomor
cara pemberian halaman pada dokumen:
a.       Klik icon Page Number → pilih salah satu misalnya Botton of Page.
b.      Jika ingin posisi nomor halaman disebelah kanan, pada tampilan atas klik Plain Number 3
c.       Tentukan panomoran dengan mengisi angka pada pilihan Start at.
d.      Klik OK



C.     Penyisipan dan pengaturan dokumen

1.      Menyisipkan Gambar
a.       Gambar atau Foto
Cara menyisipkan gambar pada dokumen :
1.      Klik icon Picture → cari lokasi penyimpanan gambar pada pilihan look in.
2.      Untuk menyisipkan gambar,klik dobel pada gambar yang akan disisipkan. Atau bisa juga, klik gambar kemudian tombol insert.
b.      Clip art
1.      Klik icon Clip art → Klik pilihan Organize clips → arahkan pointer moise ke salah satu clipart.
2.      Klik kepala panah → klik copy → paste.

2.      Menyisipkan tabel
Cara menyisipakan tabel :
a.       Klik icon Table → tentukan kolom dan baris.
b.      Klik perintah insert tableOK

3.      Menyisipkan Word art
Cara menyisapkan word art :
a.       Klik icon Word art → pilih salah satu → edit Word Art Text → OK.

4.      Menyisipkan grafik (chart)
a.       Klik ikon Chart → pilih dengan cara doble klik → OK

5.      Menyisipkan Shapes
a.       Ikon Shapes → klik shapes yang diinginkan→ klik mouse disembarang tempat.

D.     Mengedit Dokumen

1.      Menghapus Teks
Cara menghapus teks :
a.       Blok teks → tekan Del/Delete.

2.      Menyalin  dan Memindahkan Teks
Cara menyalin teks :
a.       Blok teks → klik Copy → letakkan titik sisip pada tempat yang diinginkan → klik Paste.
Cara memindahkan teks :
b.      Blok teks → klik Cut → Letakkan titik sisip ditempat tujuan → klik Paste.

3.      Mencari dan Mengganti Teks
Untuk mencari kata atau teks :
a.       Klik tombol Find → muncul Find and Replace → ketik teks yang dicari →klik Find Next.
Cara mencari sekaligus mengganti kata arau teks :
a.       Klik Replace → ketik teks yang dicari → ketik teks penggantinya → klik Find next → klik Replace → klik cancel → secara otomatis munculClose

E.     Mencetak dokumen
Sebaiknya kita cek dulu dokumen melalui print previw, yaitu klik Office button Print → prin previw.
Cara mencetak dokumen sebagai berikut :
a.       Klik Office Button → Print, bisa juga dengan keyboard Ctrl + P.
b.      Tentukan jenis printer pada kolom Name.
c.       Tentukan halaman
·         All, untuk mencetak semua halaman
·         Current page, untuk mencetak halaman dimana terdapat kursor.
·         Page, untuk mencetak halaman halaman tertentu.
d.      Isi klom number of copies pada pilihan copies.
e.       Klik OK.







4 komentar: